Idul Adha bersama Nasi Kebuli

Hahahaha….

Setelah tahun lalu gak sempat pulang ke Semarang akibat gak ada waktu libur yang cukup buat pulang, akhirnya tahun ini aku bisa menyempatkan diri untuk pulang ke Semarang walaupun cuma 3 hari lamanya.

Kalau idul fitri umiku masak ketupat  opor dan sambal goreng ati, seperti biasa kalau waktunya idul adha, umiku biasanya (kalo ada rejeki) memasak nasi kebuli kambing, masakan kesukaan satu rumah. Dan akhirnya tahun ini aku bisa menikmati masakan itu lagi setelah tahun lalu tidak.

Mungkin kebanyakan orang masih banyak yang belum kenal dengan masakan yang satu ini, sedangkan aku sendiri bingung mau menjelaskannya. Berdasarkan hasil browsing, maka dapat disimpulkan bahwa :

1.Bagi warga keturunan Arab, nasi kebuli merupakan hidangan wajib pada peringatan Maulid Nabi.  Mereka umumnya menyantap hidangan ini lengkap dengan olahan daging kambing.

2. Rasanya gurih dengan harum aroma kapulaga, cengkih, merica, dan juga kayu manis tajam namun tidak berlebihan

Keluargaku tahu masakan ini dari keluarga abahku (ayahku) yang memiliki garis keturunan orang arab, nama AlQadri juga berasal dari keluarga abahku yang berketurunan arab. Emang sulit dipercaya kalo melihat fisikku yang jauh dari keturunan orang arab, hahaha… kebanyakan maen di sawah sih.

Semua ami-ku (pamanku dari pihak ayah – bahasa arab) suka dengan masakan ini, dan anehnya umiku yang keturunan jawa asli suka dengan masakan ini (jarang-jarang orang jawa suka ama nasi kebuli). Walaupun begitu dari tangan wanita jawa inilah aku merasakan nasi  kebuli terenak yang pernah aku makan jika dibandingkan nasi kebuli buatan istri ami-ku (bibiku). Pernah di kampus ada kantin yang menyediakan nasi kebuli ini, tapi rasanya masih kalah jauhlah.

Penasaran ama rasa dan resepnya??? silakan googling sendiri yah… banyak kok yang situs-situs buka resep nasi kebuli.

Advertisements

One Response

  1. Salam kenal..
    Boleh saya menayangkan kembali foto-foto nasi kebuli ini di :

    Nasi Kebuli ?

    Terima kasih sebelumnya.

    [sya]
    bole2… itu gambar sebenarnya bukan dari aku kok. gambar hasil googling soalnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: