Blog Vs Facebook

Assalamualaikum wr wb

Wah… akhirnya aku bisa nulis lagi di blog tersayangku ini lagi 🙂 . Sudah cukup lama aku melupakan blog ini, sudah cukup lama blog ini terlantarkan olehku. Dulu hampir tiap minggu aku mengupdate blog ini.

Parah cuma ada 3 posting dalam periode 21 April - 9 Agustus 2009

Sekarang??? Coba lihat gambar berikut. Parah pisan!!!, beberapa bulan terakhir ini gairah untuk ngeblog sudah hampir hilang. Seperti yang ditunjukkan pada gambar dalam periode 31 Maret – 9 Agustus cuma ada 3 tulisan. Dan dari ketiga tulisan itu salah satu diantaranya hanya sekedar tambah-tambahan yang tidak begitu penting.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa selama itu hati ini sempat berpindah ke lain hati. Saat-saat dimana seharusnya aku memadu kisah dengan blog ini malah aku alihkan untuk melirik ke sesuatu yang lain.  Sesuatu yang masih segar dan menggiurkan hati. dan sesuatu yang telah merebut hatiku itu ialah Facebook.

facebookFYa dia adalah facebook yang kalo diartikan secara bodoh berari buku muka. Sesuai dengan namanya, facebook (buku muka) mencerminkan kenarsisan seseorang untuk menunjukkan muka-muka mereka ke depan publik. Manusia memiliki sifat yang  ingin selalu dihargai oleh orang lain, maka web-web jejaring sosialpun laris manis di pasaran dunia maya. Diantara beberapa situs jejaring sosial yang ada, tampaknya kini facebook sedang menempati posisi teratas dibanding para seniornya seperti friendster, multiply. Mengikuti kesuksesan facebook, hadir pulalah beberapa situs jejaring soal yang hampir mirip dengan facebook seperti plurk, twitter dsb yang tetap masih kalah dengan facebook yang memiliki banyak keunggulan (yang sering maen internet pasti tau lah).

Virus facebook kini telah merebak sangat dahsyat lebih dahsyat virus influeza, virus AIDS, virus flu babi atau bahkan virus-virus cinta sekalipun. Bagaimana tidak lebih dahsyat dengan virus-virus lain coba, cobalah kalian tengok beberapa jumlah orang di kelas kalian yang memiliki akun facebook? berapa jumlah tetangga kalian yang menikmati fasilitas facebook? Dan kini bandingkan berapa banyak teman kelas kalian yang terkena flu pilek? berapa banyak orang disekeliling kalian terjerat oleh virus-virus cinta?

fb vs wp Karena virus itulah, banyak para blogger menjadi malas ngeblog lagi. Danujung-ujungnya kemampuan menulis merekapun menjadi tidak terasah lagi. Facebook telah memanjakan mereka dengan adanya fasilitas “status update”. Dengan fasilitas tersebut seseorang dapat dengan mudah menuangkan apa yang ada dalam pikiran mereka dalam beberapa kata saja. Dan hanya dengan menuliskan apa yang ada dalam pikiran mereka dalam beberapa kata saja mereka sudah mendapatkan apresiasi melalui komentar-komentar dari beberapa friends yang mereka miliki di facebook. Lain halnya dengan blog dimana kita harus menuangkan sebuah tulisan dalam beberapa paragraf yang sistematis agar mudah dipahami oleh orang lain. Dan terkadang apresiasi dari pembacapun tidak seberapa ditandai dengan sedikitnya komentar yang diberikan pada tulisan tersebut. Dan akibatnya tak tanggung-tanggung, banyak sekali para blogger mlupakan blog-blog mereka (termasuk aku juga sih…)

Sadar atau tidak, disamping berbagai manfaat dari facebook yang kita rasakan ternyata facebook sangat berbahaya bagi kita.

Pertama, tentu saja apapun yang menyebabkan kecanduan sangat berbahaya termasuk bermain facebook diluar batas kewajaran.

Kedua, dalam kasus tertentu dapat menurunkan kemampuan menulis seseorang. Karena pada facebook, orang cenderung menuliskan hal secara singkat dan kadang saking singkatnya jadi gak jelas. Berbeda dengan blog dimana kita harus merinci sesuatu secara detail agar pembaca pesan yang ingin disampaikan diterima oleh pembaca dengan baik. Jika kebiasaan menulis singkat ini diteruskan terus menerus tentu saja akan menurunkan kemampuan tulis menulis seseorang. Misalnya ada status seperti ini di facebook “Hari yang melelahkan”. Memang wajar jika kalimat itu ditulis dalam facebook, akan tetapi jika kalimat yang terdiri dari 3 kata tersebut ditulis pada blog, maka blog tersebut malah akan dicap sampah oleh pembaca karena ketidakjelasan informasi yang diberikan. Sebenarnya jika kalimat “Hari yang melelahkan” tersebut dirinci dalam sebuah cerita yang menarik maka akan menjadikan blog kita banyak dikunjungi orang.

Ketiga, yang paling bikin aku sebel kalo lihat status semacam ginian “aDuchH, pruTq caqiD aMat necH”. Wew… ribet, gak sedap dimata, sulit dibaca dan ngrusak bahasa Indonesia tercinta.

Dan mungkin masih banyak bahaya facebook yang bisa ditambahkan oleh teman-teman sekalian.

Menyadari beberpa poin diatas membuatku mencoba kembali ke dunia blog. Berusaha belajar menulis baik dan benar. Belajar bagaimana menuangkan ide yang ada didalam pikiran kita secara sempurna, tidak secara terpotong-potong dan menyajikannya dalam alur yang indah untuk dinikmati pembaca.

Olehkarena itu alangkah baiknya dengan adanya blog dan facebook kita dapat memperlakukan mereka secara bijak. Gunakanlah facebook dan blog kalian untuk hal-hal yang bermanfaat seperti untuk berdakwah islam, berbagi ilmu dan pengalaman. Yang penting dengan adanya facebook atau blog jangan sampai kita melupakan hal-hal yang penting seperti makan, mandi dan sholat berjamaah di masjid. Okey…!!!

Semangat ngeblog lagi!!!

Demikian, wassalam

w wordpress w

Advertisements

6 Responses

  1. he…………he…….untung juga saya nggak punya FB,
    jadi nggak kecanduan.
    Sekarang malah kecanduan ngeblog……….:) 🙂
    walaupun masih banyak kekurangan disana sini,
    yg penting belajar dan belajar terus.
    salam.

    [sya]
    kya..kya aku hampir kencanduan FB. Dan blogku terbengkalai

  2. assalamu’alaikum

    waduh aku jadi malu ngeblog bahasanya masih sesukaku neh…soalnya ngeblogpun aku masih baru….

    fb…bener banget temenku sampai gak bisa lepas dari layar alow untuk yang satu itu….tapi karena aku males ke warnet trus gak punya hp yang d fasilitas fb nya dan sukanya ama yang gretongan jadi ya males juga lama-lama di fb ^_^

    salam kenal

    [sya]
    setuju, emang paling enak gratisan.

  3. comment ke247 luar biasa artikel anda sangat bermanfaat sekali bagi saya dan keluarga

    [sya]
    ???confused???

  4. assalamualaikum
    aku malah kebalikannya : mulai bosan sama FB, baru belajar ngeblog.. emang sih FB itu asik, tapi ngga’ sepuas blog (walau comment: 0, baru buka soalnya ^_^)
    salam kenal..

    [sya]
    salam kenal…
    semangat buat ngeblog yah…

  5. aku saiki yo ketagihan blogging..

    [sya]
    halah ternyata cuma seekor aswin kirain siapa hihihi

  6. menang fb lah..
    (http://rior06.student.ipb.ac.id)

    [sya]
    okelah…
    soalnya bangsa ini lebih tertarik ama budaya lisan (fb,fs,plurk,twit) ketimbang budaya tulisan(blog,web)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: