Perjalanan ini sungguh panjang

It's A Long Long JourneyTak terasa kini kita memasuki tahun 2009, sekitar 19 tahun setelah aku lahir. Semuanya terkesan terjadi begitu cepat. Akan tetapi, saat kita membayangkan satu-persatu hal-hal apa saja yang telah kita lakukan di dunia ini ternyata kita telah cukup lama hidup di dunia ini. Dan kita masih menempuh suatu perjalanan yang sangat panjang dalam hidup ini. Sebuah perjalanan hidup selayaknya sebuah perjalanan ke sebuah tempat.

Dalam perjalanan, mungkin kita masih bingung tempat manakah yang harus kita datangi. Dalam hidup, terkadang kita masih bingung dengan tujuan hidup kita.

Dalam perjalanan, adakalanya banyak sekali jalan menuju ke sebuah tempat dan juga kita bias kembali ketempat semula. Dalam hidup, kita tahu banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan hidup kita. Namun kita tak memiliki jalan mundur untuk kembali kemasa lalu.

Dalam perjalanan, mungkin ada saat kita kita mengalami kecelakaan. Ada pilihan untuk beristirahat selama waktu yang diperlukan untuk menyembuhkan luka-luka lalu meneruskannya dengan langkah-langkah yang mantap, ada juga pilihan untuk malah terus melanjutkan perjalanan dengan menahan rasa sakit itu dengan langkah-langkah yang sedikit pincang. Dalam hidup, ada banyak sekali cobaan yang mau tidak mau harus kita hadapi dengan cara kita sendiri.

Dalam perjalanan, mungkin ada saatnya kita resah karena kita tak sampai-sampai di tempat tujuan. Ada sedikit rasa ragu-ragu apakah jalan yang dilalui adalah jalan yang benar untuk menuju ke tempat tersebut. Dalam hidup, mungkin kita pernah merasa kebingungan manakala sesuatu yang kita harapkan tak kunjung datang. Kita bertanya apakah semua yang kita lakukan telah benar untuk mendapatkan sesuatu yang ingin dicapai itu.

Dalam perjalanan, ada waktu-waktu kita merasa sangat letih dan ingin menghentikan perjalanan Dalam hidup, adakalanya kita merasa putus asa ketika menghadapi semua hal yang ada. Dan merasa ingin mengakhiri hidup ini.

Mungkin kita terluka-luka, mungkin kita letih, mungkin kita marah, mungkin kita menangis. Tapi jalan di depan masih sangat panjang kawan. Jalan ini memang panjang tapi bukan berarti bahwa jalan ini tak berujung. Yakinlah ada sesuatu yang menunggu kalian dengan sebuah rangkaian bunga bertuliskan ‘selamat’ diujung jalan sana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: