1430 2009

Assalamuallaikum Wr Wb

happy new yearBaru beberapa hari yang lalu kita melalui 2 perayaan tahun baru yaitu perayaan tahun baru hijriah 1430H pada tanggal 29 Desember 2008 dan sebuah perayaan lain yaitu perayaan tahun baru masehi pada tanggal 1 Januari 2009. Beberapa orang merayakan perayaan tersebut secara besar-besaran terutama pada perayaan tahun baru masehi. Dimana-mana terdengar suara terompet dan suara kembang api di malam hari. Sedangkan untuk perayaan tahun baru hijriah, masyarakat Indonesia biasanya melakukan pembacaan doa akhir tahun dan awal tahun. Dan yang tak terlupakan bagiku adalah adanya bubur suro, hmmm maknyus…. .

Omong-omong tentang bulan suro jadi teringat akan tradisi orang jawa yangmuharram1 mengkaitkannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Bagi orang jawa, acara-acara besar seperti pernikahan dan lain-lain sangat pantang (dilarang) dilakukan karena menurut mereka akan mendatangkan kesialan. Padahal… Padahal… Padahal bagi umat muslim, bulan muharram (suro) adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan Muharram nabi besar Muhammad SAW kita melakukan hijjrah dari Makkah ke Madinah. Pada bulan Muharram juga nabi Nuh turun dari kapalnya setelah terjadinya badai. Pada bulan Muharram juga nabi Ibrahim, diselamatkan Allah dari api. Nah, kalo baca hal tersebut, masa sih kita masih percaya sama takayul-takayul yang gak masuk akal tentang bulan muharram (suro).

Disamping tradisi-tradisi tersebut ada juga sebagian masyarakat yang merayakannya secara biasa-biasa saja. Bagi mereka yang paling penting saat menjelang akhir tahun adalah saat-saat menegangkan bagi mereka untuk menerima rapor yang mereka buat sendiri untuk mereka sendiri mengenai nilai-nilai kemajuan yang telah mereka buat di tahun ini dan juga mereka membuat resolusi untuk tahun mendatang yang ingin mereka capai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: