Pindang

Pindang goreng ditemani nasi putih hangat. Hmm.. gurih enak pokoknya. Semoga liburan nanti saya bisa merasakan pindang ikan buatan umi. Sempat aku mengira bahwa pindang adalah nama ikan laut tapi sekarang aku mengetahui bahwa pindang adalah hanya istilah bagi ikan laut yang telah diolah sedemikin rupa. Akupun ingin tahu nagaimana cara memindang ikan. Setelah capai bergoogling akhirnya aku menemukan jawaban yang memuaskan. Begini lho cara membuat ikan menjadi pindang!

Bahan :
1.Ikan laut segar biasanya tongkol
2.Garam

Cara membuat
1.Siapkan tongkol lalu cuci bersih (buang kotorannya)
2.Taburi garam pada tongkol
3.Masukkan tongkol-tongkol tersebut dalam bambu
4.Panaskan air dalam panci besar
5.Setelah air mendidih, masukkan wadah bambu yang berisi tongkol kedalam air panas (beri pemberat pada bambu berupa batu)
6.Setelah tanak, dinginkan pindang lalu kemas dalam wadah jerami
7.Pindang siap dimasak lagi atau dipasarkan

One Response

  1. makasih mbak ini yg tak cari cara memindang tongkol hemmmm sedapp makasiiih banget infonya

    [sya]
    maap, sebenernya saya seorang pria tulen, saya ngepost ginian gara-gara kangen ama masakan dirumah

Leave a Reply

