Fossil makhluk berkaki empat paling primitif

Washington, Kamis 28 Juni 2008. Para ilmuwan di Latvia berhasil menemukan sebuah fosil hewan berkaki empat yang paling primitif. Meskipun tulang kaki dan jari-jarinya tidak ditemukan, tapi dapat dipastikan bahwa hewan tersebut berkaki empat dari struktur tulannya. Selain tengkorak, juga ditemukan tulang bahu dan tulang panggul yang memperkuat keberadaan kaki-kakinya. Hewan yang diberi nama Ventastega curonica itu diperkirakan hidup di perairan dangkal. Kemungkinan besar hewan ini hidup dengan cara merangkak menggunakan empat kakinya di dasar perairan ketimbang berenang.
“Jika Anda melihatnya dari jauh, ia mirip aligator kecil, namun jika Anda melihat dari dekat akan melihat sirip di bagian ekornya,” ujar Per Ahlberg, profesor biologi evolusi di Universitas Uppsala, Swedia, yang melaporkannya dalam jurnal Nature edisi terbaru.
Meskipun didup dalam air, hewan ini lebih mirip tetrapoda daripada ikan. Sampai saat ini, beberapa ilmuwan masih meyakini bahwa ada tetra poda yang memiliki nenek moyang yang tinggal di dalam air. Dan hal ini dikembalikan lagi kepada teori evolusi dengan pro kontranya di mata masyarakat.

Advertisements

2 Responses

  1. Artikel anda di

    http://fossil.infogue.com/fossil_makhluk_berkaki_empat_paling_primitif

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

  2. tolong kirim alamat web tentang fosil hewan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: