Kesetimbangan Nash

Kesetimbangan Nash adalah suatu kesetimbangan antara dua pihak dimana masing-masing pihak harus memutuskan suatu pilihan antara A dan B. Masing-masing pihak akan memilih pilihan yang terbaik baginya. Kesetimbangan ini terjadi saat tak satupun dari kedua pihak mengubah pilihannya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Bingung???? Sama…..
Untuk lebih mudah lihat gambar dibawah ini

Alkisah Henry dan Dave melakukan suatu kejahatan secara bersama-sama. Pada suatu hari mereka ditanggkap dan diinterogasi oleh polisi. Satu persatu dari mereka dipanggil sedangkan yang lainnya harus menunggu. Polisi bertanya tentang siapa yang menjadi otak kejahatan dalam masalah tersebut.
Apabilah mereka berdua diam dengan kata lain mereka tidak mengakui kesalahan mereka dan tidak pula melemparkan kesalahan pada temannya maka polisi akan bingung dan mereka berdua dipenjara selama 2 tahun.
Sedangkan jika Henry melemparkan kesalahan pada Dave dan Dave diam saja (Henry Guilty – Dave Not Guilty) maka Dave akan dipenjara selama 5 tahun sedangkan Henry akan dipenjara selama satu tahun.
Tentu saja mereka tak bisa membuat rencana untuk tidak mengatakan apa-apa pada polisi agar mereka hanya dipenjara dua tahun. Tiap pihak akan takut jika tiba-tiba temannya melemparkan kesalahan padanya. Alhasil seperti pada kenyataan umum di dunia. Mereka akan saling menyalahkan sehingga polisi akan menghkum mereka berdua selama 3 tahun. Keadaan dimana mereka tidak dapat mengubah pilihan mereka untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang lebih inilah disebut denga kesetimbangan Nash.
Kesetimbangan Nash ini seringkali terjadi pada kehidupan sehari-hari. Contoh sederhana adalah jika tiap orang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan tidak saling menyalahkan orang lain atas kerusakan alam maka akan didapat situasi yang menguntungkan kedua pihak. Lain halnya jika mereka berkata “ Buat apa repot-repot membuang sampah pada tempatnya jika banyak orang lain membuang sampah sembarangan” Apabila semua orang berpikir demikia maka alam akan rusak dengan cepat.

Advertisements

One Response

  1. thx for the info. nice banget penggambarannya. contohnya dalam kehidupan sehari-hari banget, bikin ngerti. kan katanya ini teori yg menentang teori ekonomi adam smith ya? aplikasi dalam dunia ekonominya misalnya gimana ya? hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: